Penasaran Dengan Veneer? Berapa Sih Harganya?

Penasaran Dengan Veneer? Berapa Sih Harganya?

Penasaran Dengan Veneer? Berapa Sih Harganya?

Saat ini, veneer menjadi istilah baru dalam dunia kecantikan. Kepopulerannya semakin menanjak kala banyak selebritis Indonesia yang mengaku mempercantik gigi dengan veneer untuk penampilannya. Sebut saja, Krisdayanti, Yuni Shara, Olla Ramlan, Vega Darwanti dan lainnya.

Fenomena ini tentu saja mengusik rasa penasaran banyak perempuan bahkan pria, yang tertarik untuk mencobanya. Apalagi, veneer memberi kesan berbeda dan cerah bagi penggunanya. Tak heran, metode ini jelas menjadi terobosan terbaru di dunia estetika gigi setelah era kawat gigi sebelumnya dahulu.

Drg Windy Ainul Yaqin, SpKG, dokter gigi founder Premier Dental Gallery Surabaya mengatakan, veneer gigi adalah lapisan tipis material permanen di permukaan gigi baik dari bahan tertentu sperti composite, porcelain, akrilik, maupun kombinasi.

Veneer gigi beda dengan dental bleaching, “Dental bleaching dilakukan secara kimiawi, tidak membuang jaringan gigi, sedangkan dalam veneer ada struktur gigi asli yang dihilangkan lalu diganti lapisan veneer,” Tujuan veneer bukan hanya untuk mempercantik gigi, veneer juga bisa memperbaiki kerusakan, bentuk serta warna gigi menggunakan lapisan tipis bahan sewarna gigi yang diaplikasikan pada permukaan gigi.

Di antara tujuan pemasangan veneer adalah untuk memperbaiki kerusakan warna gigi. Selain itu, veneer juga berfungsi menutupi cacat pada email atau hipokalsifikasi dan mengoreksi diastema atau celah gigi. Veneer pun bisa mengoreksi bentuk gigi seperti peg-shaped, gigi yang patah, letak gigi yang masuk terlalu dalam dan susunan gigi yang tidak rapi dan kerusakan fraktur.

drg. Windy menjelaskan proses veneer sebelum dipasang. Tahap permulaan biasanya permukaan gigi Anda akan diasah sedikit menggunakan bur. Bagian yang dikurangi biasanya hanya pada bagian luar gigi saja yang terlihat dari depan. Maksudnya adalah sebagai tempat perlekatan selapis tipis bahan veneer ceramic atau komposit yang digunakan. Nah, kabar baiknya, warna dan bentuk veneer dapat dipilih sesuai keinginan. Keren kan?

Khusus bagi Anda yang berminat melakukannya, mungkin penasaran, Berapa harga melakukan veneer gigi? berdasarkan informasi di beberapa klinik, diperlukan anggaran 800 ribu – 2,5 Juta Rupiah sebagai kisaran harga veneer per gigi sekarang ini.

Menurutnya, ada dua tipe veneer gigi, yaitu veneer direct dan veneer indirect. Veneer direct sendiri lebih murah ketimbang veneer indirect karena langsung dikerjakan di dalam mulut pasien dalam satu kali kunjungan saja serta tanpa biaya laboratorium tambahan. Sedangkan, veneer indirect dapat berupa veneer ceramic atau komposit. Veneer indirect menempuh proses pencetakan dulu kemudian diproses oleh laboratorium, baru hasilnya diaplikasikan pada pasien.

Lebih lanjut, veneer ceramic memiliki translusensi yang lebih baik, sehingga memberikan warna yang natural dan estetik yang bagus. Beberapa penelitian mencoba melihat tingkat keberhasilan dalam hal estetik, biokompabilitas dan ketahanan veneer laminasi ceramic selama 10-15 tahun.

Mengapa harganya terbilang cukup mahal? Veneer adalah aplikasi yang perlu penanganan khusus, salah perhitungan malah jelek jadinya. Kondisi ini melandasi perlunya penanganan profesional oleh dokter gigi spesialis prosthodonti ataupun konservasi gigi, “Jangan lakukan veneer sembarangan apalagi di tukang gigi yang tidak dapat dipertanggung jawabkan secara medis,”

Menurut drg Windy Ainul Yaqin, SpKG, untuk memperoleh hasil sempurna, pasien harus appointment terlebih dahulu. Pasalnya, proses veneer cukup memakan waktu. Ditambah melihat stok bahan untuk proses menyempurnakan gigi dengan cara veneer. Per giginya, lanjutnya, butuh waktu kurang lebih setengah jam. “Veneer prosesnya agak lama. Harus dilakukan rontgen melihat kondisi akar gigi dan mahkotanya. Belum lagi proses pembersihan kerak giginya terus dilapisin lagi beberapa kali. Satu gigi saja bisa sekitar setengah jam karena kita harus teliti sekali membentuknya. Pasien setelah selesai melakukan veneer gigi, diwajibkan tidak makan selama satu jam. Tidak ada pantangan makan atau minum setelah proses itu. Hanya saja, katanya, si pasien jika menginginkan giginya tetap bersih dan terawat, dianjurkan berhenti merokok.

Leave comment